Perhitungan Present Value

Mari kita diskusikan. Berdasarkan IFRS, terdapat 2 pendekatan dalam menentukan present value[1]:

  1. Pendekatan tradisional/traditional approach (atau disebut juga pendekatan tingkat diskonto sesuaian/discount rate adjusted approach): menggunakan tingkat diskonto (discount rate) yang disesuaikan untuk mencerminkan tingkat risiko aliran kas. Pendekatan ini sangat berguna ketika aliran kas dapat ditentukan dan disebutkan dalam suatu kontrak (misalnya obligasi – aliran kas masa depan jelas jumlahnya). Tingkat diskonto dalam hal ini merupakan tingkat yang telah disesuaikan dengan risiko (risk adjusted), baik dalam jumlah, sifat, dan waktunya. Misalnya, dalam obligasi disebutkan bahwa pada tahun ke 10 nilai obligasi adalah Rp20.
  2. Pendekatan nilai kini ekspektasian/expected present value techniques[2]: menggunakan tingkat diskonto yang bebas risiko (risk free rate) tetapi mempertimbangkan beberapa skenario aliran kas yang mencerminkan hasil (outcomes) yang berbeda-beda, termasuk probabilitas keterjadiannya. Tingkat diskonto bebas risiko di sini mungkin hampir sama dengan tingkat pengembalian obligasi pemerintah. Pendekatan nilai kini ekspektasian ini menggunakan beberapa kemungkinan aliran kas yang diharapkan (multiple cash flow) dari suatu kejadian. Misalnya, dalam pembayaran gaji pekerja pembongkaran gedung di akhir masa manfaat gedung, kemungkinan pekerja dibayar Rp 20 adalah 35%, dibayar Rp50 adalah 40%, dan dibayar Rp100 adalah 65%. Jadi nilai aliran kas ekspektasian adalah (Rp20*35%)+(Rp50*40%)+(Rp100*65%). Pendekatan kedua ini dapat digunakan untuk menentukan present value dari provisi ARO.

Semoga bermanfaat.

Salam,


[1] IFRS Primer, 2009. Wiecek-Young, halaman 51

[2] Dalam PSAK disebut sebagai pendekatan arus kas ekspektasian. Lihat PSAK 48 (revisi 2009): Penurunan Nilai Aset, lampiran A paragraf A07

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s