Propose…

Bagi para pria, melamar wanita untuk dijadikan calon pasangannya merupakan suatu hal yang cukup mendebarkan. Tetapi, masih jauh lebih mendebarkan ketika meminta izin ke orang tua si wanita. Percayalah, tahapan ini sangat-sangat menegangkan.

Tetapi tenang! Ada solusi bagi para pria yang memiliki latar belakang akuntansi. Berikut adalah tips dari saya untuk meminta izin orang tua berbasis akuntansi:

Dalam cerita di bawah ini, terjadi pembicaraan antara dua orang, yaitu si Cwo (pelamar) dan si Om (orang tua). Pembicaraan tersebut dilakukan pada suatu malam yang cerah, di sebuah restoran eksklusif yang bertema kuno dan alami.

Si Cwo: Om, saya mau mengajukan proposal untuk meningkatkan posisi saya dari stakeholder menjadi controlling entity, mengambil alih porsi pengendalian Om.

Si Om: Hah? Apa maksudnya?

Si Cwo: Stakeholder adalah pemangku kepentingan. Dalam hubungannya dengan suatu entitas, stakeholder adalah seluruh pihak yang berkepentingan atas entitas tersebut. Seperti misalnya, untuk entitas seperti perusahaan migas, stakeholdernya mulai dari karyawan, pegawai, pemerintah, investor, sampai masyarakat yang tinggal di sekitar sumur-sumur pengeboran. Dalam kondisi saat ini, saya merupakan stakeholder yang tingkatannya adalah pihak berelasi (related party – jaman dulu disebut pihak berhubungan istimewa). Sedangkan Om adalah entitas induk pengendali. Nah, saya mau mengajukan proposal untuk mengubah posisi kita dalam hal kesatuan entitas.

Si Om: ?????

Si Cwo: Nah, saya ingin melakukan akuisisi pengendalian yang dimiliki Om, sehingga posisi saya naik menjadi controlling entity (entitas pengendali) dan Om menjadi non-controlling entity.

Si Om: @.@ (Dalam hati: apa to maksudnya anak ini?????)

Nah, dalam melakukan pembicaraan seperti di atas, anda harus tenang. Jika anda tidak tenang, maka bisa jadi kata entity dalam istilah controlling entity berubah menjadi shareholder – istilah yang lazim digunakan dalam perkuliahan, dan jika dikaitkan dengan konteks pembicaraan di atas, istilah ini analogically incorrect. Namun, jika anda terlanjur salah ucap, maka berharaplah agar si Om dalam cerita di atas, tidak memahami advanced accounting edisi IFRS.

Salam,

4 thoughts on “Propose…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s