Sistem Informasi Akuntansi!?

Lanjutan dari episode sebelumnya, kenapa Sistem Informasi menjadi penting dan apa tujuan Sistem Informasi Akuntansi digunakan?

Sistem Informasi Akuntansi, dibangun dan digunakan dengan tujuan untuk efisiensi dan efektifitas suatu perusahaan. Baik itu efisiensi dan efektifitas dalam menginput data keuangan dan menghasilkan laporan keuangan, maupun penggunaan informasi keuangan yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan yang menghasilkan efisiensi dan efektifitas pada perusahaan maupun pada pengambilan keputusan itu sendiri.

Dengan adanya Sistem Informasi Akuntansi, maka perusahaan dengan skala besar dapat melakukan efisiensi dalam input data hingga menghasilkan output informasi. Tetapi, Sistem Informasi Akuntansi yang terintegrasi semacam ini harus sangat diperhatikan sisi Internal Controlnya. Sehingga pengguna informasi dapat memiliki keyakinan bahwa output informasi dari suatu sistem informasi dapat diandalkan dan benar-benar bersih dari fraud.

Pada jaman sekarang, informasi bahkan sudah menjadi competitive advantage dimana hanya perusahaan yang menguasai informasi yang bisa memenangkan persaingan. Contohnya, informasi mengenai calon pasar di wilayah tertentu, kondisi ekonomi global, dan kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan yang memiliki informasi yang dapat diandalkan pasti bisa memutuskan strategi perluasan pasar di masa krisis semacam apa yang akan diambil. Apakah ekspansi saja, atau hold sementara dan mengurangi investment cost.

Melihat beberapa poin diatas, maka sangatlah perlu mahasiswa akuntansi dibekali dengan kemampuan di bidang Sistem Informasi. Mengingat dunia sudah memasuki era akses informasi mobile dan informasi sudah sangat terbuka, maka persaingan efisiensi, efektifitas, dan strategi dengan senjata informasi sudah tidak dapat dihindari lagi.