Memahami SAK ETAP

Untuk membantu memahami SAK ETAP, saya memberikan dua buah tautan yang cukup bermanfaat, yang mungkin belum diketahui oleh publik bahwa dua hal bermanfaat ini (memudahkan memahami SAK ETAP) tersedia di jejaring:
PA BPR: Pedoman akuntansi BPR yang berdasarkan SAK ETAP. Dalam pedoman akuntansi ini bahasa standar dalam SAK ETAP telah ditransformasi ke dalam bentuk pedoman akuntansi yang menyajikan contoh-contoh jurnal, bagaimana pelaporan keuangan, bagaimana cara mengukur suatu pos, dan apa saja yang harus diungkapkan.

SAK ETAP: Link ini berisi SAK ETAP (full book) yang dapat dibaca secara online. Jika anda ingin membawanya pulang dan membaca secara offline, trik mengunduh ebook reader ada di link ini.

Semoga bermanfaat.

57 thoughts on “Memahami SAK ETAP

  1. dengan dicabutnya PSAK 27 untuk koperasi, bagaimana penerapan SAK ETAP untuk koperasi, yang dalam hal ini usaha yang dilakukan koperasi memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan usaha yang dilakukan oleh badan usaha pada umumnya, mohon penjelasan dan diucapkan banyak terimakasi.

    • Kalau jurnal (bukan jurnal penelitian kan maksudnya), akuntansi ya gitu-gitu aja pasti. Begitu standar keluar, jurnalnya pasti bisa diperkirakan. Tapi kalau mau contoh penerapan SAK ETAP, sudah ada bukunya. IAPI menerbitkan buku PT Indonesia ETAP ilustrasi laporan keuangan berbasis SAK ETAP. Selain itu BI mengeluarkan pedoman akuntansi BPR yang bisa didownload di website BI.

      Salam,

      • Salam,
        Pak, kalau PT Indonesia ETAP itu adda soft filenya tidak? Sebab saya kesulitan membeli buku nya.
        Dosen pembimbing saya mensyaratkan jurnal pendahuluan dan contoh laporan keuangan UKM yang sudah berbasis ETAP sebagai rujukan skripsi saya.
        Terima kasih
        Salam,

        • Setahu saya tidak ada softfilenya. Hardcopy dapat dipesan ke IAPI. Mungkin ada dapat mencari di website resmi IAPI. Untuk UKM yang menggunakan ETAP saya rasa bisa cukup sulit mencari sampelnya. Coba cek perusahaan perseorangan yang tidak go public atau BPR. Kalau BPR wajib pakai ETAP & sudah ada laporannya.

          Semoga membantu.
          Salam,

    • Mungkin masih jarang mengingat SAK ETAP masih terhitung baru dan diterapkan ke entitas-entitas tanpa akuntabilitas publik.

  2. Salam, mau tanya sampai saat ini sudah ada apa belum ya jurnal tentang ETAP? kayak SNA gtu? soalnya lgi kesusahan nyari peneltian terdahulu untuk dijadiin bahan skripsi saya. Terima kasih udah numpang tanya di blog anda. :) Semoga udah ada jurnalnya…

    • Maksudnya penelitian tentang ETAP? Harusnya ada, cuma mungkin tidak terlalu banyak. Coba cari di jurnal2 terbitan kampus atau di JRAI. Pesan jurnal tsb coba cek google. Siapa tahu sudah ada.

      Salam,

    • ETAP digunakan untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP). Yang termasuk ETAP adalah entitas yang tidak memiliki fungsi fidusia, tidak go public atau sedang akan go public. Misalnya, koperasi, UMKM, perusahaan perseorangan, PT yang tidak go public, dan lain sebagainya.

      Semoga membantu.

      Salam,

  3. Aslm…
    saya berencana melakukan penelitian mengenai pemahaman pengusaha UMKM terkait SAK ETAP di kota saya mas…tp masih terkendala di jurnal dan referensinya…
    Apakah ada sumber ato referensi yang bs jd acuannya mas??
    Hmpp…untuk mencari data mengenai statistik UMKM Indonesia dimana y mas????

    Mksii mass

    • Untuk referensi memang masih jarang sekali untuk ETAP. Mungkin anda bisa mencari referensi terkait IFRS for SME (baik penelitian di luar negeri maupun publikasi terkait ini), teori akuntansi (karena pengaturan akuntansi konsepnya dari sini), dan mungkin buku2 yang membahas konsep keuangan mikro, proses bisnisnya, tujuan & dampak ekonomiknya, & bagaimana pelaporannya.

        • Lha sebelumnya tanya di tentang situs, terus di SAK ETAP. Wkwkwkw… Waktu itu saya jawab, untuk tingkatan S1 lebih baik gunakan kuesioner penelitian sebelumnya atau penelitian lain yang serupa (misal penelitian penerapan IFRS for SME atau cooperative di negara lain). Untuk tingkatan tesis S2, membuat kuesioner sendiri mungkin bisa worth it. Karena membuat kuesioner itu tidak mudah. Ada teorinya & harus melalui berbagai macam uji. Misalnya, perlu pengujian apakah pertanyaan tertentu dapat mewakili tujuan penelitian & dapat digunakan untuk meguji korelasi antar variabel yang diuji. Jadi, memodifikasi kuesioner yang sudah ada merupakan pilihan yang bijak.

          Salam,

          • wkakakakaka,,,,,,,
            saya lp dimn situsnya tuh
            btw makasih ya pak atas infonya,
            wasalam,

  4. dengan diperbolehkannya penerapan SAK ETAP oleh BPR atas ijin Bank Indonesia, maka disusunlah pedoman akuntansi BPR untuk membantu BPR memahami SAK ETAP.
    berdasarkan hal tersebut saya ingin melakukan penelitan tentang penerapan SAK ETAP dan PA-BPR. Namun terkendala dengan penelitian terdahulu yang sulit untuk didapatkan.
    Apakah bapak mempunyai jurnal tentang hal tersebut
    terima kasih

    • Memang itu kendalanya… Mungkin gunakan pendekatan, penelitian lain yang pada prinsipnya hal yang diuji sama, cuma nanti diterapkan untuk SAK-ETAP & PA BPR. Misalnya penelitian mengenai penerimaan user terhadap peraturan baru.

      Salam,

    • Untuk penelitian SAK ETAP & PA BPR, setahu saya tidak ada di web. Tapi coba search penelitian asing. Coba cari dengan keyword IFRS for SME.

      Salam,

  5. dengan dicabutnya PSAK 27 untuk koperasi, bagaimana penerapan SAK ETAP untuk koperasi, yang dalam hal ini usaha yang dilakukan koperasi memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan usaha yang dilakukan oleh badan usaha pada umumnya, mohon penjelasan dan diucapkan banyak terimakasi.

    • Karakter koperasi memang berbeda, tetapi pada prinsipnya, secara akuntansi transaksi-transaksi yang dilakukan koperasi tidak jauh berbeda dengan jenis usaha lainnya. Misalnya untuk pembelian aset, pengakuan pendapatan, pencatatan beban, pelaporan utang. Sehingga, untuk transaksi yang sudah diatur dalam SAK ETAP (misalnya untuk pengakuan aset, pencatatan pendapatan, beban, utang-piutang) silakan mengacu ke SAK tersebut.
      Perbedaan dalam transaksi koperasi mungkin hanya dalam hal modal saham (simpanan pokok, wajib, dll) dan pengembalian atas modal saham (bagi SHU). Walaupun begitu, perlakuan untuk hal ini secara prinsip masih bisa menggunakan analogi pengaturan akuntansi secara umum. Jika lebih nyaman menggunakan perlakuan yang selama ini ada (misal, pedoman akuntansi koperasi dari kementrian koperasi), bisa menggunakan dasar tersebut, sesuai yang telah diatur dalam PSAK 25.

      Salam,

  6. mohon bantuannya pak,,, apa perbedaan akuntansi untuk koperasi menggunakan PSAK 27 dengan sak etap terutama pada penyajian laporan keuangannya, dan cotoh laporan keuangan koperasi yang mengacu ke SAK ETAP????

    • Perbedaannya tidak banyak, hanya penyajian sekarang mengacu ke SAK ETAP saja. Contoh perbedaan, untuk persediaan, metode LIFO tidak diijinkan. Selain itu, acuan untuk simpanan wajib, simpanan pokok, tidak terdapat di ETAP sehingga penyajiannya menggunakan judgement. Contoh laporan koperasi yang mengacu ke ETAP, saya belum punya. Mungkin bisa mengunjungi website kementrian koperasi?

      • terima kasih jawabannya,,
        klu bapak sudah ada contoh lap.keuangan untuk koperasi yang telah mengacu ke SAK ETAP nantinya, saya minta tolong dikrimin
        karena sudah saya cari di web.kementerian koperasi saya juga tidak mendapatkannya,,,,

  7. Ass..
    Pak saya mau tanya
    Sayakn mempunyai skripsi tentang perbandingan sak etap n sak standar ukm, tp saya terkendala d cara penjurnalanya
    Bisa kasih solusi??
    Soal web resmi IAPI saya ndk bs menemukn ttg ilustrasi lporan keu sak etapnya
    Bs bntu temukn dmn saya bs beli bukunya???

    • Penjurnalan tidak ada perbedaan. Untuk contoh ilustrasi ada di IAPI: link. Selain itu, saya tidak tahu contoh ilustrasi SAK ETAP yang cukup bagus…

      Salam,

  8. saya tertarik dengan diskusi bpk mengenai etap. kebetulan saya sedang melakukan penelitian tentang tinjauan penerapan standar pelaporan keuangan koperasi menggunakan pendekatan kualitatif. hasil awal banyak koperasi yg masih memepertahankan PSAK 27, mengingat belum ada peraturan menteri tentang penggunaan ETAP untuk koperasi… apa hal ini bisa disalahkan bpk? mohon masukannya untuk tambahan pembentukan teori sy. trims

    • PSAK 27 jelas sudah tidak dapat dijadikan pedoman lagi karena sudah dicabut. Walaupun pengaturan dalam PSAK 27 tidak banyak berbeda dengan SAK ETAP (ini bisa jadi bahan kajian anda, bandingkan perbedaan PSAK 27 dan SAK ETAP – jika sama, maka secara teknis, perlakuan akuntansi yang diterapkan entitas baik menggunakan PSAK 27 atau SAK ETAP sama saja), tetapi secara yuridis standar akuntansi yang sudah dicabut tidak dapat lagi dijadikan dasar pembuatan laporan. Apalagi jika nanti diaudit. Auditor tidak dapat membuat pernyataan “laporan ini telah disusun berdasar PSAK 27″ karena PSAKnya sudah tidak ada. Walaupun, saya pernah menemui kasus ketika saya ikut mengawal audit koperasi pekerja, auditor yang mengaudit koperasi kebanyakan juga tidak tahu SAK ETAP berubahnya di mana saja. Mereka asal tulis pernyataan, tapi hasil auditnya ketika saya periksa masih kacau. Jadi saran saya, secara teknis bisa jadi perlakuan akuntansi sama, tapi PSAK 27 tidak bisa lagi dijadikan dasar. Entitas harus menggunakan SAK ETAP, yang mana isinya sebetulnya tidak banyak berbeda dengan PSAK 27. Sayangnya, entitas koperasi mungkin kesulitan menangkan konsep dalam SAK ETAP tersebut karena kurangnya pemahaman atas SAK.

  9. ass..pak saya minta tolong contoh format laporan keuangan yg sesuai sak etap.trus dalam menyusun laporan keuangan apakah ada pos yang membedakan dengan psak?kalau ada seperti apa?mohon bantuannya untuk format laporannya pak.trims

    • Untuk contoh format laporan keuangan sesuai SAK ETAP dapat dipesan di IAPI melalui link. Sayangnya untuk contoh ilustrasi SAK ETAP tidak ada versi yang free seperti contoh ilustrasi SAK Umum. Pos yang membedakan tentu ada banyak sekali. Untuk mencari tahu, pertama-tama silakan buka PSAK 1 dan bandingkan dengan SAK ETAP. Jawabannya ada di situ.

      Salam,

  10. Pak sy mau tanya pengertian koperasi menurut SAK ETAP itu apa?mengapa sekarang koperasi menggunakan SAK ETAP kenapa tidak PSAK 27 ?
    mohon dijawab trimakasih

    • PSAK 27 sudah dicabut dan tidak berlaku. Dengan dicabutnya PSAK 27, maka untuk dasar pelaporan, entitas dapat mengacu ke SAK umum atau SAK ETAP. Dasar pelaporan di sini adalah acuan untuk menyajikan, mengukur, dan menilai pos-pos laporan keuangan.
      Untuk definisi koperasi, di SAK ETAP setahu saya tidak dijelaskan.

  11. pak saya mau tanya, tp sebelumnya saya minta maaf krn pertanyaan saya keluar dr topik :D

    saya adalah mahasiswi akuntansi yang akan mengambil skripsi..
    saya tertarik untuk mengambil beberapa topik..
    yang pertama skripsi yang berhubungan dengan perdagangan saham dengan metode event study..
    sesuai dengan saran dosen saya, eventnya harus berhubungan dengan akuntansi, jangan event sosial atau politik.
    menurut bapak,event apa yang bisa dikaitkan dengan perdagangan saham ya pak?

    selain itu saya juga tertarik untuk membahas tentang psak 24 mengenai imbalan kerja dan pengaruhnya terhadap laporan keuangan, bagaimana menurut bapak?
    maaf terlalu panjang pertanyaan saya pak

    terimakasih :)

    • Event akuntansi di Indonesia itu paling penerapan IFRS, revisi peraturan bapepam. Perlu diteliti itu dampak kejadian akuntansi terhadap perdagangan saham di Indonesia. Soalnya biasanya di Indonesia perdagangan saham tidak dipengaruhi event akuntansi. Banyak main goreng2an, spekulasi berdasar kejadian politik.
      Kalau di luar negeri, event akuntansi kaya kasus enron, worldcom, dampaknya besar sekali terhadap perdagangan saham.

  12. Pak, saya mau tanya.. Peraturan Menteri nomor berapa ya yang mengatur PT yang sudah go public namun ada salah satu divisi di perusahaan tersebut yang menggunakan SAK ETAP dalam menyajikan laporan keuangannya? thanks:)

    • Sebentar, apa maksud dari pertanyaan: peraturan menteri yang mengatur PT yang sudah go public namun ada salah satu divisi yang menggunakan ETAP? Apakah maksudnya PT go public divisinya boleh menggunakan ETAP atau bagaimana?

  13. Assalamualaikum
    Bapak saya mau tanya aspek apa saja yang harus dicari dalam skripsi saya “analisis implementasi perlakuan akuntansi berbasis ETAP terhadap kewajaran laporan keuangan UMKM” ? Terus saya bermasalah dalam mencari penelitian terdahulu.

    • Penelitian ETAP memang masih belum banyak. Anda harus mencoba mencari skripsi di kampus-kampus lain, karena mungkin penelitian-penelitian ETAP ada di level skripsi dan belum terpublikasi.
      Pada prinspinya penelitian anda mengenai analisis kewajaran laporan keuangan. Apa definisi wajar, dan syarat-syarat apa yang membuat laporan keuangan wajar. Jika itu sudah terjawab, tinggal dilihat di perusahaan yang menggunakan laporan ETAP. Jadi saya juga bertanya-tanya, lalu apa yang dicari dari itu? Kalau sudah wajar bagaimana? Kalau tidak bagaimana? Penggunaan ETAP atau IFRS tidak berpengaruh terhadap kewajaran laporan lho. Jadi, silakan dijawab dulu apa itu laporan yang wajar…

    • ETAP merupakan entitas tanpa akuntabilitas publik. SAK ETAP digunakan untuk entitas tersebut. Tentu saja menggunakan nilai buku. Market value digunakan untuk entitas yang ada di pasar modal.

  14. judul saya sudah diganti menjadi “analisis implementasi standar etap dalam menilai kinerja keuangan umkm”. alhamdulillah sudah bab III. tapi sekarang terbentur dengan kuisioner, bapak punya contoh kuisioner yang sesuai dengan skripsi saya ?

  15. Assalamua’alaikum pak,
    saya ingin melakukan penelitian tentang penerapan SAK ETAP pada perkoperasian. Jika pada 2011 tahun dimana SAK ETAP itu diberlakukan, tetapi Koperasi yang dijadikan objek pada tahun tsb belum menggunakan SAK ETAP, apakah pada 2012 atau setelahnya dapat menggunakan SAK ETAP ? Atau tetap konsisten menggunakan PSAK No. 27 seperti tahun-tahun sebelumnya ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s